Friday 4 March 2016

Pemeliharaan Piranha Serrasalmus Muda


    Selama bertahun-tahun, dari waktu ke waktu saya telah melihat banyak pertanyaan sejenis yang diajukan oleh para hobbies yang mulai memelihara ikan Serrasalmus muda. Pertanyaan yang intinya adalah "Kok bisa begitu, ya?"

Sembilan dari sepuluh ikan impor ini ditangkap dalam lingkungan alaminya, ditahan dan dikirim ke negara-negara (atau negara lain), kemudian ditangani oleh penyalur sebelum mereka dibeli dan dibawa pulang atau sangat mungkin dibeli dan dikirim lagi ke para penghobi dari lokasi yang jauh. Apa yang sering terjadi dengan penggemar baru piranha adalah jenis penggambaran yang berasal dari berbagai sumber berbeda ... mungkin dari pemelihara piranha lain yang berpengalaman, pedagang atau bahkan video Youtube yang menyoroti bagaimana agresifnya ikan ini. Penggambaran ini melahirkan pemahaman yang salah tentang apa yang didapati oleh para hobbies itu, yang pada gilirannya menyebabkan ketidaksabaran, lalu frustrasi dan akhirnya acap kali menyerah pada Serrasalmus muda yang (hal itu) bisa dan seringkali terbukti menjadi pilihan yang salah...

Saya sama sekali bukan seorang pakar tentang predator yang mengagumkan ini. Saya hanyalah seorang hobbies yang mulai memelihara ikan ini sejak bertahun-tahun yang lalu, dan belajar melalui pengalaman tentang bisa terjadi, apa yang merupakan fakta dan apa pula yang (hanya) fiksi. Satu-satunya alasan tulisan ini adalah harapan untuk dapat memeperjelas perilaku sesungguhnya dari binatang ini sehingga mudah-mudahan penghobi baru memiliki pemahaman yang lebih baik tantang apa yang akan ia lakukan sebelum mereka membeli hewan ini, dan mampu memutuskan apakah ikan ini memang tepat untuk mereka (pelihara).

Apakah ikan ini agresif? YA
Apakah ikan ini teritorial? YA
Apakah mereka cepat menunjukkan perilaku itu? Nampaknya tidak.

Yang harus kita fahami adalah bahwa, khususnya saat muda, Serrasalmus dapat SANGAT gugup, kadang-kadang sampai ke titik di mana seorang penghobbi merasa seolah tengah merawat akuarium kosong. Kegugupan ini dapat bertahan sangat lama. Secara pribadi, masa terlama yang pernah saya alami dengan Serrasalmus paling gugup adalah 1 tahun lebih. Namun, saya pernah membaca, kegugupan ini dapat berlangsung lebih dari 2 tahun, sehingga mudah untuk dimengerti bahwa jika penghobi baru tak menyangka hal ini akan terjadi, dapat dan akan menyebabkan frustrasi. Sebenarnyalah perilaku ini normal dan saya tidak bisa cukup menekankan bahwa DIMUNGKINKAN Serrasalmus muda akan bersikap seperti ini. Alasan untuk perilaku ini, kesimpulannya, adalah (naluri) bertahan hidup (menghindari potensi bahaya). Ketika ikan ini masih muda, mereka apa yang disebut predator penyergap, yang berarti sepanjang hari mereka bersembunyi di antara dedaunan air, kayu kering, akar yang terendam, batu dan tempat persembunyian lainnya, menunggu datangnya makanan yang cepat dan mudah dalam jarak jangkauan (sergapan). Pada saat yang sama, mereka terus mencoba untuk menghindarkan diri mereka menjadi makanan predator yang lebih besar. Inilah yang mengikat mereka di alam liar, sehingga ketika mereka diperkenalkan dengan lingkungan akuarium, naluri alami mereka adalah apa yang biasa mereka lakukan dan, dalam perspektif ikan, penghobi yang bersandar di dekat panel depan tank akan terlihat sebagai predator besar!

Tidak setiap Serrasalmus memperlihatkan perilaku ini. Ada beberapa yang menampakkan diri dengan cepat. Tetapi sesuai pengalaman saya, sebagian besar perlu waktu untuk (muncul) berkeliling. Beberapa (bahkan) memakan waktu lebih lama daripada yang lain; ada yang perlu berminggu-minggu dan ada pula yang sampai bertahun-tahun. Tetapi hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menyediakan hidup yang berkualitas serta bersabar.

Banyak penggemar, baik yang berpengalaman ataupun pemula telah mencoba banyak cara berbeda untuk mempercepat Serrasalmus agar lebih sering menunjukkan diri. Ini termasuk:

  • Memelihara ikan itu dalam tank kosong (tanpa aksesoris apapun), sehingga mendorongnya (keluar) ke tempat terbuka. Dasar pemikirannya adalah bahwa dalam waktu yang singkat, (diharapkan) Serrasalmus akan menyadari bahwa si majikan tidak membahayakannya, dan dia (pun) akan segera keluar dari persembunyiannya.
  • Mengatur tank dengan banyak tempat persembunyian, dan memungkinkan ikan itu untuk bersembunyi sesering yang ia perlukan; membiarkan mental predator penyergapnya tumbuh secara alami, berapa lamapun waktu yang dibutuhkan. Saya pribadi selalu menggunakan taktik ini dan saya dapati bahwa meskipun mungkin butuh waktu lama bagi Serrasalmus untuk menampakkan diri, tergantung pada individu ikan, cara ini banyak mengurangi kekagetan binatang itu.
  • Beberapa orang memperkenalkan ikan dither (tipe ikan kecil, cepat, berkelompok yang dijadikan teman interaksi bagi ikan utama dalam tank, memancing si ikan utama untuk keluar lebih sering ke area terbuka). Secara pribadi, saya merasa bahwa ini adalah kontraproduktif jika Anda ingin serrasalmus Anda keluar dari persembunyiannya, mengingat fakta bahwa hal ini justru memicu insting berburunya, membuat Serrasalmus (malah) memilih untuk tetap tak terlihat karena ia menunggu kesempatan penyergapan yang sempurna.

Penghobi baru kemungkinan besar melihat banyak pemelihara menempatkan Serrasalmus rhombeus dewasa bersama ikan kecil (yang suka) berkelompok tanpa masalah. Para pemelihara Serrasalmus muda, bahkan dari spesimen yang menghabiskan hari-harinya dengan bersembunyi, harus menyadari bahwa ikan (yang) mereka (pelihara itu) sangat cepat dan agresif pada ikan lain, terutama yang cukup kecil untuk dijadikan sasaran pemangsaan. Tak perlu dikatakan, bahwa hal-hal yang sama buruknya juga bisa terjadi pada ikan yang seukuran dengan Serrasalmus. Banyak orang telah memiliki pengalaman mengerikan ketika mencoba ‘mengkandangkan’ dua Serrasalmus dalam satu tank dengan (hanya dibatasi) sekat, menjaga mereka tetap terpisah; tragedi terjadi ketika sekat itu runtuh dan batas teritorial mereka hilang.

Singkatnya, saya tidak merekomendasikan tankmate (ikan lain sebagai teman satu tank) untuk Serrasalmus muda. Dan jika ada yang melanjutkan dan mencoba, akan ada korban.

Beberapa praktek yang bisa diandalkan oleh pemelihara baru untuk membantunya adalah juga beberapa hal mendasar (berikut ini):

  1. Letakkan tank Serrasalmus muda Anda di daerah yang penuh lalu lalang orang dalam rumah Anda. Biarkan ia terbiasa melihat orang-orang sepanjang hari setiap harinya. Tempat favorit saya untuk meletakkan tank adalah tempatnya berada saat ini: tepat di belakang dan menghadap ke arah sofa saya. Desain ruang tamu, untungnya, memungkinkan saya untuk melakukan (penempatan tank seperti) itu, dan saya sangat senang dengan hasilnya.
  2. Gunakan pengatur waktu untuk pencahayaan tank. Ritme dari lampu menyala, lampu padam pada waktu yang tetap adalah simulasi harian terbaik untuk siklus siang / malam. (Saat pertama sekali saya memperkenalkkan serra pada akuariumnya, yang saya sendiri praktekkan adalah untuk memadamkan lampu selama 3 hari pertama atau sehingga saya bisa ‘mengandangkannya’ sementara ia menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya).
  3. Belilah pemanas berkualitas baik yang membuat air tank berada pada suhu stabil. Hindari perubahan suhu.
  4. Jagalah air tetap bersih dan sehat melalui filtrasi yang baik dan mengganti air setiap 1-2 minggu.
  5. Variasi makanan yang sehat. Ada banyak artikel dan topik yang baik serta imformatif yang ditulis mengenai hal ini, jadi saya tidak akan menyelaminya terlalu dalam. Tapi yang ingin saya katakan adalah bahwa secara umum pada awalnya ikan ini hanya menerima makanan hidup, sering tetap bertahan dengan apa yang ditawarkan oleh pemeliharanya. Alasannya, saat ikan ini ditangani oleh penyalur, kebanyakan piranha diberi makanan hidup dari jenis yang memudahkannya menerima umpan itu sebagai makanan. Hal ini menyebabkan Serrasalmus tidak terbiasa menerima pakan apapun selain pakan hidup saat ia di bawa pulang (oleh pemelihara). Pemelihara tidak perlu khawatir jika Serrasalmus tidak akan memakan potongan nila beku (misalnya); berikan makanan dan buanglah jika tidak dimakan dalam 1 jam atau lebih, untuk mencegah air tanknya terkontaminasi. Serrasalmus tidak akan membuat dirinya kelaparan; lakukan hal ini setiap beberapa hari dan akhirnya (mungkin butuh satu atau dua minggu), ia akan mengkonsumsi makanannya. Cukup mengesankan bahwa begitu lamanya Serrasalmus berukuran 4 inci (10, 16 cm) bisa bertahan tanpa mengkonsumsi secuilpun makanan. Maka beberapa minggu tidak akan menyakitinya. (Serupa dengan (ketika membicarakan) topik pencahayaan, dengan piranha yang baru diperkenalkan [dengan lingkungannya], saya menahan diri untuk memberi makan selama seminggu atau lebih sementara ikannya menyesuaikan diri.)

Langkah-langkah ini dapat ditempuh untuk membantu memudahkan Serrasalmus yang baru ‘diimpor’ ke dalam kehidupan (barunya) di akuarium, tetapi kenyataan dari hal ini (menunjukkan) bahwa perilaku ikan akuarium tak bisa dirubah dalam semalam. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, kualitas hidup, waktu dan kesabaran adalah kunci sukses untuk menumbuh-kembangkan ikan ini dari usia muda-nya. Dengan banyak ragam Serrasalmus, tidak ada jalan pintas. Seperti sudah saya katakan sebelumnya di banyak thread lain, saya tidak pernah memelihara satupun Serrasalmus yang (tidak perduli, yang) tidak ingin tahu tentang apa yang sedang terjadi dalam tank-nya dan di lingkungan sekitar tanknya. Apakah sejak awal mereka seperti itu? Tentu saja tidak! Beberapa lebih sulit daripada yang lain. Tetapi dengan mereka semua, awalnya saya berurusan dengan (Serrasalmus yang) ‘pemalu’ dalam jangka waktu lama (terkadang sangat lama) sampai kepribadian pemberani-nya muncul.

Topik lainnya, saya sering melihat seorang akuaris (penghobi akuarium) bertanya bagaimana dia bisa melatih Piranha Hitam (Serrasalmus rhombeus)-nya menjadi lebih agresif, seperti terlihat di video online. Ini sebenarnya pertanyaan yang cukup lucu bagi saya - orang yang menanyakan pertanyaan ini harus menerima kenyataan kenyataan bahwa Serrasalmus mereka adalah ikan, bukan (anjing) Shepard Jerman. Ikan ini agresif, terutama saat mereka tumduh dewasa di lingkungan yang nyaman bagi mereka. Tetapi jika memiliki ikan predator yang sangat agresif adalah satu-satunya yang diinginkan oleh seorang akuaris, maka dia lebih cocok mengupayakan (memelihara ikan predator lain) selain memelihara piranha Serrasalmus. Saya dan banyak orang lain memahami daya tarik memiliki ikan agresif yang mengejar apapun tanpa henti. Namun jumlah waktu yang diperlukan untuk mengembangkan keberanian dalam diri Serrasalmus muda seringkali butuh lebih banyak waktu daripada yang siap dijalani oleh seorang penghobi biasa. Lalu selalu ada kemungkinan bahwa agresivitas yang ekstrim mungkin tidak pernah berkembang juga.

Ketika mereka tumbuh, dan ikan menjadi lebih besar dan lebih kuat, mereka akan mulai mengembangkan agresivitas untuk menghadang ancaman yang mendekati wilayah mereka, sekaligus menunjukkan rasa lebih ingin tahu pada lingkungannya. Saya tidak mengklaim lebih jauh bahwa ikan ini mengembangkan sikap ingin mengejar dan menggigit, tapi mereka jauh lebih cepat untuk melawan dan mempertahankan wilayah mereka. Pada titik ini, tidak jarang ikan itu mulai terlihat mondar-mandir di panel depan akuarium, terus menerus membuat kontak antara kaca dan rahang bawah. Hal ini dapat menyebabkan tumbuhnya risa, sebentuk benjolan di ujung rahang yang dalam hobi ini sering disebut sebagai “chimple”. Dalam kebanyakan situasi, benjolan ini kecil dan tidak menimbulkan ancaman serius meskipun dapat menjadi hal yang tak elok dipandang oleh pemeliharanya. Dalam kasus-kasus kecil, chimple ini dapat muncul dan sembuh sendiri tanpa (meninggalkan cacat) bekas luka. Dalam kondisi jarang, saat chimple menjadi (problem) serius, pemelihara harus mencari akuarium berukuran lebih besar, dan sementara itu, fokus (agar) kualitas air terjaga setinggi mungkin untuk mencegah infeksi.

Pemelihara baru (juga) harus memperhitungkan bahwa ikan ini dapat tumbuh hingga ukuran besar, tergantung pada spesiesnya. Pada dasarnya ada dua spesies, Serrasalmus rhombeus dan Serrasalmus manueli (Manny), yang memiliki kemampuan untuk tumbuh lebih dari 15 inci (38,1 cm.) di alam liar. Sebagian besar spesies lain dari Serrasalmus tidak akan melampaui 10 inci (25,4 cm.). Kabarnya, Serrasalmus rhombeus adalah ikan yang sangat populer untuk dibeli, terutama ketika muda, dan pemelahara baru harus diberitahu bahwa ketika dibesarkan dalam peliharaan, S. rhombeus belum mencapai panjang yang mereka capai di alam liar. 10-12 inci adalah kemungkinan ukuran panjang yang masuk akal dan bahkan harus diantisipasi bahwa pencapaian ukuran panjang tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama karena ikan-ikan ini tingkat pertumbuhan dalam pemeliharan terkenal lamban. Ini tidak berarti bahwa tidak mungkin pertumbuhan mereka mencapai 16 inci dengan pemberian air dan makanan perangsang yang benar. Saya pribadi , belum pernah melihat hal itu terlaksana dan terbukti. Saya tidak berpengalaman sama sekali dengan Manny, tapi saya akan mengatakan bahwa pertumbuhan S. Rhombeus yang lambat kemungkinan besar bisa menjadi cermin (bagi pertumbuhan manny), dan mungkin bahkan (lambatnya pertumbuhan manny) lebih jelas karena ikan ini cenderung lebih sensitif terhadap masalah kualitas air.

Tanpa bermaksud terlalu mendetail tentang ukuran tanknya, akuarium bervolume 55 galon (208 liter lebih atau setara akuarium berukuran 90 x 50 x 50 cm.) adalah ukuran tank yang sangat populer dan baik bagi sebagian besar Serrasalmus – lebih besar tentu saja selalu lebih baik- tapi bagi banyak spesies tank (seukuran) ini berhasil. Namun, secara umum (tank berkapasitas) 55 galon tidak boleh digunakan sebagai rumah bagi Rhomb dan Manny untuk jangka panjang. Tank seukuran itu dapat digunakan dan cukup besar tujuan pertumbuhan, selama pemelihara memahami bahwa ini (hanya) akan menjadi rumah sementara sampai saatnya dibutuhkan tank berukuran 48"x 18" (122 x 46 cm) atau lebih baik lagi 48 "x 24" (122 x 61 cm.).

Tank 55 galon ini tidak akan mendorong pertumbuhan dengan cepat. Seekor S. rhombeus muda biasanya menunjukkan pencapaian 5 "- 6" (12-15 cm. lebih) dalam sekitar satu tahun, lalu pertumbuhan mereka melambat jauh sekitar lebih-kurang 1 inci (2,5 cm) per tahun. Setelah mereka mencapai 9 inci (22,86 cm.), pertumbuhan akan lebih melambat lagi. Jika pemelihara baru saat ini memiliki tank berkapasitas 55 galon dan ingin memiliki S. rhombeus muda (katakanlah spesimen berukuran 3 inci [7 cm. lebih]), maka ia bisa meng-upgrade (penanganan ikannya) sekitar 2 - 3 tahun.

Saya bisa saja terus berbicara tentang banyak topik yang berbeda di sini, tapi tujuan saya hanyalah untuk memecahkan kebekuan bagi siapapun yang baru atau akan memelihara predator akuarium yang luar biasa ini. Saya sarankan, aquaris hendaknya menelaah tulisan-tulisan lain yang sejenis berkaitan dengan pemeliharaan ikan ini. Semakin banyak informasi yang bisa Anda miliki, maka Anda akan semakin nyaman membuat penyesuaian yang diperlukan dan menangani masalah/pertanyaan yang mungkin timbul. Bagi saya, memelihara piranha Serrasalmus telah menjadi pengalaman yang sangat bermanfaat. Dan jika dengan tulisan ini saya hanya bisa sedikit membantu seorang pemelihara piranha pemula untuk memahami Serrasalmus muda, semua tulisan (seolah) akan menjadi sia-sia.

Terima kasih, dan ingatlah selalu, ketika tampaknya Serra yang Anda beli 6 bulan lalu selalu bersembunyi dan tidak juga berhenti, maka ia akan begitu. Bertahanlah, karena semua akan lebih bermanfaat pada akhirnya.


SUMBER
http://www.angelfire.com/biz/piranha038/Serra_EvanThompson.html
https://www.facebook.com/notes/zainur-rahman-van-hamme/memelihara-piranha-serrasalmus-muda-dalam-perspektif-saya/10152725277864110

3 comments:

Blog : http://roufvj.blogspot.com
Facebook : https://www.facebook.com/rouf.viking