Friday 18 March 2016

Cara memfokuskan kamera symbian yang fixed fokus ( putar lensa)

Cara Memfokuskan kamera Symbian yang Fixed Fokus (Putar Lensa)

Assalamualikum wr.wb
Selamat Pagi Sobat


Trik ini saya dapatkan dari Grup Facebook, dan langsung saya praktekkan di nokia jadul saya ini, yakni nokia 6120 classic, untuk trik ini dapat di praktekan ke semua ponsel yang tidak dilengkapi dengan fitur auto fokus, untuk hp yang sudah dilengkapi fitur auto fokus mungkin juga bisa, tapi buat apa coba ???¿¿¿

Okey, mungkin untuk membidik obyek foto di jarak dekat di butuhkan fitur autofokus untuk hasil gambar yang jelas dan maksimal, tapi bagaimanakah jika tak dilengkapi fitur auto fokus ?? pasti blur/buram/tidak jelas dan sebagainya

Disini saya ingin memberikan tips dan trik untuk membidik objek yang akan di foto di jarak dekat dengan, performa gambar yang bisa di bilang lumayan lah untuk ponsel yang tidak di lengkapi fitur autofokus sama sekali, yakni dengan memutar lensa kamera dengan peniti/jarum

Jika anda ragu jangan mencoba trik ini, disini saya selaku admin tidak akan bertanggung jawab pada ponsel anda jika terjadi apa apa jika mempraktekkan nya karena di awal sudah saya kasih peringatan jika ragu

Untuk caranya cukup mudah dan simpel, pertama buka cassing dan pelindung lensa kamera dengan jarum (besar) /peniti, lakukan lah dengan hati hati, kemudian putar lensa kameranya pada bagian celah yang ada pingir lensa,

Jika anda kesulitan saat membuka pelindung lensa, coba congkel dari sebelah kanan bawah, karena cara ini lebih mudah dan dapat menghindari terjadinya goresan jarum untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar berikut ini


Gambar punya orang

1896967-1383617728574255.jpg

Gambar di nokia 6120 classic saya

trikcamer.jpg

Berhubung kakak saya seorang servis hape, jadi ponsel milik saya ini saya bongkar sendiri karena peralatanya lengkap biggrin , toh kalu rusak tinggal suruh benerin kakak biggrin

Okey kembali ke topik, untuk pemutaran lensa, jika lensa di putar searah jarum jam kamera akan fokus ke objek jarak jauh dan jika diputar berlawanan dengan arah jarum jam objek akan fokus ke dekat, untuk membidik objek jarak dekat sebaiknya pemutaran dilakukan sebanyak 2X atau 720° dengan arah putaran berlawanan dengan jarum jam

Berikut beberapa preview gambar yang saya ambil langsung dari ponsel saya setelah dilakukan pemutaran lensa


Sebelum

sebelum.jpg

Sesudah

sesudah-001.jpg

Gambar lainya

lalat.jpg

walang.jpg

semut.jpg

Gambar diatas saya ambil lewat nokia 6120 classic saya yang resolusi kameranya hanya 2MP tanpa dilengkapi fitur autofokus

Catatan : Saat lensa di putar untuk mode foto objek jarak dekat, kamera akan blur, jika ingin mengembalikan ke seperti semula tinggal memutar balik lensa kamera yang anda putar,

Cukup sekian dari saya
Terimakasih atas kunjunganya
Wassalam...

Jika ada yang di pertanyaakan komentar saja..
SUMBER : http://alisymbian.heck.in/trik-memotret-objek-jarak-dekat-pada-hp.xhtml

No comments:

Post a Comment

Blog : http://roufvj.blogspot.com
Facebook : https://www.facebook.com/rouf.viking